Kamis, 10 Februari 2011

SEOUL
KOTA DENGAN LAYANAN INTERNET PALING CANGGIH

Siapa bilang negara Barat lebih canggih dalam teknologi Internet? Gak selamanya tuhh. Dalam urusan akses Internetbroadband, misalanya,sejumlah negara Asian mengungguli negara-negara Barat dengan sanagt mencolok.
            Korea Selatan adalah salah satu negara Asia yang sanagat maju dalam teknologi Internet. Penduduk Seoul bisa mengunduh acara TV, main game Internet atau chatting dari laptop minisembari duduk di atas bis kota. Di kota itu tersedia layanan broadband nirkabel sebesar 3 megabits dengan menggunakan WiBro, layanan yang disediakan Korea Telecom. Bahkan surfing masih bisa dilakukan dengan leluasa di atas kereta bawah tanah yang meluncur dengan kecepatan sekitar 120 km per jam. Dengan menumpang kereta bawah tanah yang meluncur dengan kecepatan kira-kira setengah kilometer per jam pun orang masih bisa menikmati layanan Internet.
            Broadband tersedia di 4 dari 5 rumah tangga di kota Seoul. Tariff berlanggannya pun tidak mahal, hanya 40 dollar per bulan denagn kecepatan hingga 100Mbps. Penduduk Korea juga aktif menggunakan ponsel. Produsen ponsel merek Samsung dan LG yang bermarkas di Seoul berusaha keras mengeluarkan fitur-fitur menarik di ponsel. Servis mereka pun diterima dengan cepat oleh konsumen.
            Seoul juga unggul dalam layanan Digital Multimedia Broadcasting. Layanan ini dirilis tahun 2005 lalu. Sekarang hampir 2 juta warga Korea menggunakan servis itu untuk menonton TV dari ponsel mereka sembari naik bis atau kereta.
            Menggantikan cara tradisional dengan teknologi canggih bukan hal yang mudah Pemerintah harus membangun kota-kotanya dengan seksama dan terpadu. Itulah yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan. New Songdo City yang berjarak 60 km dari selatan kota Seoul di persiapkan menjadi kota yang sangat canggih. Luasnya mencapai 600 hektar dan pembangunannya memakan biaya hingga miliaran dollar. New Songdo City akan menjadi salah satu kota pertama di dunia yang semua layanan penduduknya sangat terpadu. “ Kunci rumah penduduk bisa digunakan sebagai tiket masuk kereta bawah tanah, untuk membayar tiket parkir, untuk nonton film meminjam sepeda umun dengan gratis,” kata Stanley Gale, pimpinan dan mitra manajer Gale International, pengembang utama New Songdo.
            Emang Pemerintah Korsel niat banget membangun negaranya ya, di tambah penduduknya yang luar biasa maka ga aneh lagi kalo Korsel nih dapat julukan macan asia. Waahh,,canggih banget yaa kira-kira kapan ya Indonesia bisa buat kota kaya New Songdo ini ?? “(mudah-mudahan secepatnya)”

ini dia master plan dari New Songdo City


kota yang masih dalam masa pengembangan ini akan menjadi bukti eksistensinya Korea Selatan dalam bidang Teknologi. (
Sukses deh Korea Selatan..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar